Mengenal Akord (dim) Diminished - Chord Gitar Dan Piano Lengkap
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Akord (dim) Diminished

Akord dim (diminished) cukup jarang, tetapi sangat bagus dan patut untuk mengenal kategori akord ini. Jika kamu memainkan akord dim, kamu akan mendengar bahwa akord ini kurang harmonis dan ini karena struktur nadanya.

Fungsi umum untuk akord ini adalah untuk digunakan sebagai akord transposisi kromatik, seperti di antara akord lain nya, juga disebut akord yang lawas, ini paling umum dalam jazz. Jika kamu tertarik dengan teorinya, akord dim terdiri dari sepertiga rata dan seperlima di samping nada dasar. Jika kita membandingkan struktur C mayor dan Cdim nadanya adalah C - E - G (C mayor) dan C - Eb - Gb (Cdim). Akord yang diperkecil dapat ditulis dengan singkatan "dim" (Cdim) atau simbol "º" seperti ().

Cara termudah untuk mempelajari akord dim adalah dengan menghafal dua bentuk pergerakan. Di bawah ini kamu dapat melihat bentuk untuk dim dan dim7. Nada terendah adalah nada dasar (lihat daftar di bawah untuk gambaran lengkap).

Akord dim dan dim7

Rumus Akord

Triad dim dibangun dengan rumus 1 - b3 - b5 sedangkan Dim7 dibangun dengan rumus 1 - b3 - b5 - bb7.

Perhatikan bahwa akord dim7 simetris, Semua inversi akord dapat dimainkan dengan bentuk yang sama Hal ini dapat dilihat dengan membandingkan diagram berikut :

Akord Fdim, Fdim/Ab, Fdim/Cb, Fdim/D

Akord Dim7 dengan nada yang identik

Keadaan ini juga mengakibatkan banyak akord dim7 memiliki nada yang sama persis (disebut akord enharmonik). Misalnya, Adim7 akan menggunakan nada yang sama dengan ,Cdim/A, A#dim7 akan menggunakan nada yang sama dengan C#dim/Bb dan seterusnya.

Akord dim (posisi terbuka dan tertutup)

Akord Adim, Bdim, Cdim7, Ddim, Edim, Fdim, Gdim
Mengenai akord dim terbuka dan tertutup "tidak dapat digerakan", dalam beberapa kasus nada bass alternatif digunakan untuk membuat akord lebih mudah dimainkan. Diagram yang menunjukan Cdim7 lebih tepat ditulis sebagai Cdim7/Eb. Diagram yang menunjukan Edim menyertakan nada Db, yang tidak sepenuhnya benar, tetapi merupakan solusi praktis dalam kasus ini.

Post a Comment for "Mengenal Akord (dim) Diminished"