Mengenal akord 7 dan cara Memainkannya - Chord Gitar Dan Piano Lengkap
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal akord 7 dan cara Memainkannya

Sebagai gitaris, kamu akan sering menemukan akord ke 7, tetapi terkadang sulit untuk memahami untuk apa mereka digunakan dan bagaimana sebenarnya mereka dibentuk. Dalam artikel ini, kita akan membedah susunan akord ke-7 dan beberapa bentuk sederhana yang dapat dimainkan di seluruh fretboard.

Triad

Akord ke 7 sebenarnya hanyalah perpanjangan dari triad. Jika kamu belum tahu, triad adalah dasar dari sebagian besar harmoni yang kita kenal, apakah itu musik klasik barat, rock, pop, atau jazz. Triad adalah akord yang dibangun dari 3 nada, oleh karena itu yang berarti 3.

Saat memainkan akord C pada fret ke-3, pada saat itu juga kamu telah memainkan triad. Ada lima nada yang berbunyi, tapi itu karena beberapa nada digandakan. Pada intinya, kamu benar-benar hanya memainkan nada C-E-G. Dan, saat memainkan versi akord bar/batang dari C mayor, nada-nadanya diatur sedikit berbeda, tetapi satu-satunya nada yang dimainkan adalah C-E-G.

Akord C mayor

Triad dibangun dalam interval sepertiga dan umumnya dibangun dari tingkat 1, 3 dan 5 dari skala tertentu. Oleh karena itu, dalam tangga nada C mayor, derajat 1, 3, dan 5 adalah nada C-E-G.

Akord ke 7 dibentuk dengan menambahkan nada lain ke triad, anda mungkin telah menebak bahwa nada itu adalah tingkat ke 7 dari skala yang diberikan.

Membangun akord 7

Mengingat tangga nada C mayor, yang berisi nada-nada C-D-E-F-G-A-B, kita dapat membangun akord C mayor ke 7 (sering ditulis CM7) dengan memainkan nada-nada C-E-G-B.

Seperti dalam dua diagram akord diatas, kita hanya perlu mengubah satu nada di setiap bentuk tersebut untuk membuat akord 7 Mayor.

Akord C mayor 7

C dominant 7 (atau C7 seperti yang biasa terlihat), dibangun dengan mengambil triad C mayor dan menambahkan flat 7. Jadi C-E-G-B menjadi C-E-G-Bb(flat).

Akord C7

Kita juga dapat menambahkan 7 ke triad minor. Tergantung pada konteksnya, ini bisa berupa 7 alami atau 7 flat.

Dengan triad C minor, yang terdiri dari nada C-Eb(flat)-G, kita akan menambahkan 7 flat untuk mendapatkan akord Cminor7 (biasanya ditulis sebagai Cmin7) yang akan dieja C-Eb-G-Bb. Dalam konteks dua bentuk yang telah kita kerjakan, akan terlihat seperti ini :

Akord Cm7

Post a Comment for "Mengenal akord 7 dan cara Memainkannya"