Cara menggunakan chord sus atau (Suspended chord) - Chord Gitar Dan Piano Lengkap
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menggunakan chord sus atau (Suspended chord)

Sus adalah singkatan dari Suspended, Akord Sus sangat umum dalam musik pop. Apa yang terjadi dari aspek teoretis ketika kamu menambahkan 'sus' pada akord adalah bahwa nada ketiga dalam tangga nada diratakan atau dinaikkan satu langkah. Ada akord sus2 dan sus4. Dalam kasus pertama, nada diratakan dan dalam kasus kedua dinaikkan.

Akord C terdiri dari nada C, E dan G. Dalam akord Csus2, nada E berada pada D dan dalam Csus4 nada E selanjutnya menjadi F.
Satu hal lagi : Terkadang namanya ditulis sebagai "Csus" tanpa 2 atau 4.

Contoh Akord Sus

Kumpulan kunci gitar Sus2

Kumpulan kunci gitar Sus4

Cara menggunakan akord Sus

Bergantian antara akord Sus dan akord asli
Seperti biasa dalam musik, ada banyak cara untuk mengatasi berbagai hal. Namun, prosedur yang sangat umum mengenai akord ini adalah bergantian antara akord asli dan akord Sus dari nada dasar yang sama. Misalkan : A ke Asus dan kembali ke A

Cara menggunakan akord Sus2 dan Sus4

Progresi akord yang dapat kamu coba untuk memahami bagaimana akord Sus dapat berfungsi bersama dengan akord asli seperti ini :

Csus2 -> G -> A
Em -> Gsus2 -> C
E -> Esus4 -> E -> F -> Fsus4 -> F

Saat menggunakan akord Sus, kamu biasanya tidak mengganti akord utama dengan itu, tetapi sebaliknya menggunakannya bersama dengan akord mayor. Jadi, sebagai gantinya untuk perubahan seperti Csus4 - G - A, itu akan sering terdengar lebih baik.

Hal terpenting adalah ketika kamu memainkan progres akord semacam ini untuk menghindari mengangkat semua jari pada saat mengubah akord (dari akord Sus dan sebaliknya). Jika kamu menggunakan jari yang benar, kamu hanya perlu mengangkat satu jari atau menambahkan jari tergantung pada akord.

Akord Sus yang agak jarang digunakan

Beberapa variasi langka dalam keluarga akord ini :

G6sus4
E6sus4
D6sus4

Perhatikan bahwa E6sus4 identik dengan A/E.


Post a Comment for "Cara menggunakan chord sus atau (Suspended chord)"